Cara Wipe atau Reset Nexus (Semua Versi) Dengan Mudah

 -
Cara Wipe atau Reset Nexus (Semua Versi) Dengan Mudah

Bacagadget.com – Cara Wipe atau Reset Nexus (Semua Versi) Dengan Mudah

Artikel kali ini adalah cara wipe atau reset Nexus dengan mudah, bagi anda pengguna smartphone Nexus yang ingin melakukan wipe atau reset namun tidak tahu bagaimana caranya, simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui caranya ~ Bacagadget.com.

Smartphone Nexus sebenarnya adalah milik dagang perusahaan Google, namun proses pembuatannya di kerjakan oleh perusahaan berbeda, biasanya LG, Samsung, Huawei, Motorola atau HTC yang di percaya oleh Google untuk membuat smartphone milik mereka. Ada beberapa versi Google Nexus yaitu Nexus One, Nexus S, Nexus 4, Nexus 5, Nexus 6, Nexus 5x, dll. Setelah kalian mengenal asal usul smartphone Google Nexus, kalian perlu tahu apa itu Wipe dan Reset. Wipe (Wipe Data) dengan Reset (Hard Reset) sebenarnya hampir sama, yaitu menghapus semua data dan konfigurasi yang ada di smartphone kita. Jadi dengan melakukan wipe atau reset, semua aplikasi dan data – data kita yang tersimpan di memori internal akan terhapus, tidak hanya memori internal, memori eksternal juga bisa kalian reset menggunakan cara ini.

Ada banyak faktor mengapa pengguna smartphone melakukan cara ini, entah itu karena smartphone-nya lemot, sistem operasi yang mengalami masalah, atau sengaja menghapus semua datanya yang ada di smartphone tersebut. Namun bagi anda yang memiliki alasan untuk memperbaiki smartphone, kami anjurkan untuk membackup data – data kalian yang ada di memori internal, cara wipe atau reset bisa kalian lihat di bawah ini.

Baca juga :

Cara Wipe Atau Reset Nexus Dengan Mudah

Cara 1 : Melalui Pengaturan

Jika smartphone anda masih bisa di akses atau di gunakan untuk membuka menu setting, anda bisa menggunakan cara yang pertama ini, simak caranya di bawah ini :

  1. Perlu di ingat, nama pengaturan di bawah ini menggunakan bahasa Inggris, jika anda menggunakan bahasa yang berbeda silahkan di sesuaikan. Dan pastikan Nexus kalian dalam keadaan baterai penuh atau di charger lebih amannya.
  2. Masuk ke Pengaturan (Setting).
  3. Kemudian masuk ke menu Backup & Reset (Cadangkan & Reset).
  4. Setelah itu pilih menu Factory Data Reset, kemudian pilih Reset Phone, dan langkah terakhir Erase Everything.
  5. Setelah anda melakukan cara di atas, smartphone anda akan otomatis terestart dan muncul logo Android, hal itu wajar jangan khawatir, tunggu proses tersebut selesai dan Nexus anda akan terestart dengan sendirinya.
  6. Selesai.

Cara : Melalui Android Recovery

Jika Nexus kalian tidak bisa di operasikan, bahkan tidak bisa masuk menu home, sebaiknya menggunakan cara kedua, simak caranya di bawah ini.

  1. Matikan Nexus kalian.
  2. Kemudian tekan dan tahan Tombol Volume Down dan Tombol Power secara bersamaan, tekan terus hingga Google Nexus kalian menyala dan muncul tulisan START.
  3. Tekan tombol Volume Down hingga tulisan START berubah menjadi Recovery Mode, jika sudah tekan Tombol Power.
  4. Setelah itu kalian akan menjumpai logo Android tergeletak, silahkan tekan dan tahan Tombol Power saja, kemudian tekan Tombol Volume Up dan lepaskan kedua tombol tersebut.
  5. Kemudian pilih menu wipe data / factory reset dengan cara tekan Tombol Volume Down untuk menurunkan pilihan menu, setelah itu tekan Tombol Power untuk OK.
  6. Setelah itu pilih menu Yes — delete all user data, dengan cara menekan Tombol Volume Down untuk menurunkan menu dan Tombol Power untuk OK.
  7. Tunggu proses selesai, jika proses sudah selesai pilih Reboot Now.
  8. Selesai.

Baca juga :

Tadi adalah informasi mengenai Cara Wipe Atau Reset Nexus Dengan Mudah, semoga dengan adanya informasi ini, bisa membantu para pengguna smartphone Nexus untuk melakukan reset atau wipe. Jika ada pertanyaan, bisa di tanyakan di ask.bacagadget.com atau komentar di bawah ini, Terima Kasih.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *