Cara Mempercepat Kinerja HP Android

 -
Cara Mempercepat Kinerja HP Android

img courtesy of (www.android.com)

Bacagadget.com – Berikut ini kami akan memberikan tips tentang cara mempercepat kinerja hp android yang telah lama berkurang performanya.

Biasanya sistem operasi mobile android semakin lama semakin berkurang performanya, mulai dari kecepatan, ke stabilan, dll. Namun hal ini adalah hal yang wajar, sama seperti kita memakai barang yang semakin lama semakin berkurang performanya, namun kita dapat menguranginya dengan cara merawatnya dengan baik.

Lantas bagaimana caranya jika kita menggunakan smartphone android ? pada dasarnya mempercepat kinerja hp android sama saja seperti kita mempercepat kinerja hp dengan sistem operasi yang lain, namun ada beberapa perbedaan cara untuk merawatnya agar performa tetap baik sama seperti kita membeli pertama kalinya. Jika kalian pengguna sistem operasi Android kalian dapat menyimak artikel di bawah ini untuk mempercepat kinerja hp android yang telah berkurang performanya.

Cara Mempercepat Kinerja HP Android

  1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Pernah di Pakai.
    Hapus aplikasi yang jarang atau tidak pernah di pakai sama sekali, dengan menghapus aplikasi yang tidak pernah kita gunakan dapat memberikan banyak manfaat, selain dapat mempercepat kinerja hp, hal ini juga akan menambah kapasitas memori kosong di memory kita.
  2. Hapus File-File Yang Tidak Penting.
    Hapus File-File yang tidak penting atau jarang sekali kita gunakan, file-file ini bisa berupa gambar, lagu, dokumen, dll. Kita sering kali membiarkan file-file yang tidak penting ini berantakan di file manager kita, jika kita sudah tidak memerlukan file ini sebaiknya kita menghapus saja, dan jika kita mempunya file backup yang sudah di gunakan sebaiknya juga di hapus, biasanya file backup ini berkapasitas besar.
  3. Hapus Data Cache.
    Hapus Data Cache secara berkala, sebenarnya Cache bukanlah hal yang buruk, banyak yang mengatakan cache adalah file sampah, namun cache juga penting bagi kita, banyak sekali manfaat-manfaat dari cache, misalnya cache berfungsi pada saat kita membuka sebuah website file-file seperti gambar-gambar, javascript, dll yang jarang sekali mengalami update, akan di simpan di memori hp kita, hal ini bisa berfungsi pada saat kita membuka website tersebut di lain waktu kita tidak perlu mengunduh file-file tersebut dan hanya mengunduh file-file yang belum ada. Namun jika hal ini terus di biarkan menumpuk akan memperlambat kinerja hp kita dan mengurangi kapasitas memory kita, Alangkah baiknya jika kita menghapusnya secara berkalan, mungkin 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali. kita dapat membersihkan cache dengan bantuan aplikasi penghapus cache dan file Junker menggunakan Clear Master bisa di unduh DI SINI.Baca Juga : Tips Mengurangi Beban RAM Agar Tidak Lag Xiaomi Redmi 1S
  4. Format Memori SD Card Anda.
    Mungkin sebagian dari anda mengira ini adalah hal yang konyol, memformat kartu memori adalah hal yang mustahil bagi kita yang suka mengoleksi gambar atau aplikasi, namun cara ini bukan mengilangkannya. memformat kartu memori kita dapat merefresh performanya kembali seperti kita membeli kartu memori pada saat pertama kali. Caranya backup dahulu file-file yang ada di memori kita gunakan komputer atau laptop untuk memindahkan file-file yang ada di memori kita ke komputer atau laptop, jangan lupa untuk mengaktifkan folder yang tersembunyi “Hidden Folder” di komputer atau laptop, setelah tersalin ke laptop atau komputer, format kartu memori kalian di komputer atau laptop, kemudian masuk.kan kembali ke handphone anda, setelah itu format kembali di handphone anda, dan yang terakhir copy file yang telah anda backup tadi ke memory anda dengan menggunakan laptop atau komputer, caranya ini mungkin dapat mengilangkan pengaturan-pengaturan yang ada di aplikasi, namun kami tidak merekomendasikan cara ini, tapi cara ini berpengaruh besar terhadap performa android anda. Kami merekomendasikan kalian menggunakan kartu memori dengan Class 10 karena pada memori Class 10 kecepatan transfer sangat besar.
  5. Factory Reset.
    Factory Reset adalah cara terakhir jika kalian tidak ingin repot-repot mengembalikan performa kembali handphone android anda. Fitur Factory Reset bisa anda temukan di menu pengaturan, Factory Reset menghilangkan Pengaturan HP, Aplikasi, Pengaturan Akun, dan file-file yang tersimpan di memori internal anda, setelah menggunakan fitur Factory Reset kita akan merasakan kembali performa pada saat kita membeli handphone pertama kali, karena aplikasi dan pengaturan HP kembali seperti semula, jika ingin menggunakan fitur ini sebaiknya anda membackup dahulu file-file penting yang ada di memori internal kalian.

Baca Juga : Solusi BBM Koneksi Error di Android

Nah tadi adalah artikel mengenai cara mempercepat kinerja hp android anda, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian untuk mempercepat kinerja hp android kalian, Terima Kasih.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *