Solusi Tidak Bisa Video Call Xiaomi (Semua Tipe)

 by Posted in Xiaomi
Solusi Tidak Bisa Video Call Xiaomi (Semua Tipe)

Bacagadget.com -Solusi Tidak Bisa Video Call Xiaomi (Semua Tipe)

Bacagadget.com – Artikel kali ini adalah solusi tidak bisa video call Xiaomi (Semua Tipe), bagi kalian yang ingin menggunakan video call mengunakan Line, Skype, Hangout atau aplikasi yang serupa pada handphone Xiaomi kalian simak artikel ini lebih lanjut untuk mengatasi permalasahan tersebut.

Xiaomi adalah handphone yang menggunakan sistem operasi Android namun sedikit di kostumisasi di tambahkan beberapa fitur dan di namai menjadi MIUI, di dalam penambahan fitur tersebut ada satu fitur yang fungsinya sebagai keamanan namanya adalah security di setiap handphone Xiaomi (Redmi 2 Prime, Redmi 2, Redmi Note 2 Prime, Mi 4c, Mi4i, Mi Note Pro, Mi Note, Redmi Note 4G, Mi3, Redmi 1S, Redmi Note, Mi4) pasti memiliki fitur tersebut karena sudah di build dalam sistem operasi MIUI.

Dalam fitur tersebut (Security) berfungsi untuk mengatur dan membatasi aplikasi bekerja semisal untuk membatasi aplikasi mana yang bisa berjalan otomatis di background atau aplikasi mana yang dapat menggunakan fitur handphone (seperti kamera, microphone, dll ataupun aplikasi bawaan seperti Contact, dll) dan aplikasi mana yang dapat menggunakan koneksi internet atau koneksi WiFi atau tidak sama sekali. Nah dalam masalah kali ini aplikasi Security tersebut memblok aplikasi Line, Skype, Hangout atau aplikasi serupa untuk menggunakan Kamera dan Recording, sehingga tidak bisa di gunakan pada aplikasi tersebut, cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah mengizinkan aplikasi Line, Skype, Hangout atau aplikasi serupa dapat menggunakan Kamera dan Recording, caranya simak di bawah ini.

Baca Juga : Solusi Tidak Bisa Membuka Aplikasi Dengan Data Seluler di Xiaomi

Solusi Tidak Bisa Video Call Xiaomi Semua Tipe

  1. Tutorial ini menggunakan nama-nama bahasa Inggris, jika anda menggunakan bahasa Indonesia di handphone Xiaomi anda mohon di sesuaikan namanya ke bahasa Indonesia.
  2. Buka Aplikasi Security (Keamanan).
    Lihat Gambar Aplikasi Security / Keamanan
  3. Kemudian masuk ke Permission -> Permission.(Aktifkan Permission Manager Terbelih dahulu jika belum di aktifkan caranya setelah masuk ke Permission lihat atas kanan ada icon Gear lalu pilih, atau lihat gambar di bawah ini.)
    Lihat Gambar Permission Setting
  4. Setelah masuk ke tab Apps, kemudian pilih aplikasi yang di inginkan (semisal Line, Skype, Handout, dll)
  5. Lihat di bagian Kamera dan Recording pastikan Accept.
  6. Restart Xiaomi kalian.
  7. Selesai.

Baca Juga : Tips Sebelum Membeli Xiaomi Mi4i

Nah tadi adalah artikel tentang Solusi Tidak Bisa Video Call Xiaomi Semua Tipe semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, dan masalah kalian cepat selesai, jika ada pertanyaan mengenai kerusakan atau problem handphone bisa di tanyakan di ask.klinik-hp.com atau komentar di bawah ini, Terima Kasih.

Tags: , ,

104 Komentar tentang “Solusi Tidak Bisa Video Call Xiaomi (Semua Tipe)”
  1. martanih says:

    Akhirnya… Ada solusi tuk line… Trim,s Min. Sangat bermanfaat….

    1. Sama-sama Martanih, senang bisa membantu anda ^_^

      1. Kevin Samara says:

        Apaan.. gak bisa semua

        1. Selamat siang Kevin Samara, bisa di jelaskan langkah-langkah anda bagaimana, sebagian pengguna berhasil menggunakan cara tersebut, Terima Kasih.

  2. Ferdy says:

    Halo,, tlg solusi nya pak. Line sy ga bisa Video Call dan jg Call biasa (jika diloudspeaker). Stlh berdering sebentar lgsg tutup sndiri dan errornya gni (Call ended due to microphone issue. Please try Calling again later. 119). Ada yg pernah ngalamin? Xiaomi sy Redmi 3 baru beli. Thanks in adv.

    1. indra says:

      Coba pake heatset bos..

    2. yachyaisfan says:

      Gak bisa mesti keputus masalah mikrofon padahal sudah download 3x aplikasi line tapi masalah terletak di mikrofon… gimana solusinya ???

  3. alan says:

    Permisi admin, kebetulan saya juga mengalami permasalahan yg sama dg mas Ferdy. Ada masalah dg mikrofon. Mohon solusinya, trmksh

  4. indra says:

    Waduh saya jg sama…tolong minta solusi nya donk….??

  5. ridhwan M.wi says:

    Terimaksih infonya..

    1. Sama-sama senang bisa membantu anda ^_^

  6. asep says:

    videi call udah bisa tapi selalu muncul masalah pada microphone sehingga durasi video call tidak bisa lama hanya beberapa detik saja, solusi nya gimana??

    1. Selamat malam Asep, apakah sudah melakukan cara di atas, ada 2 hal yang harus di aktifkan yaitu pada Access Camera dan Record Audio, Terima Kasih.

  7. khasan says:

    Makasih gan solusinya

    1. Sama-sama senang bisa membantu anda ^_^

  8. Indah says:

    Record audio juga sudah di centang dan sudah restart namun tetap masih belum bisa juga…. mohon petunjuk suhu

  9. Tan says:

    Sy jg sama setiap kali tlp pakai Line selalu muncul bermasalah pada mikrofon nya. Padahal semua pengaturan sudah sy centang. Itu kenapa ya?
    Tolong solusinya donk….

    1. Selamat siang Tan, sudah ikuti cara di atas, pastikan Permission Manager anda aktif dan mencentang bagian Record Audio pada aplikasi Line, Terima Kasih.

  10. any says:

    thanks min..
    akhirnya bisa vcall

    1. Sama-sama senang bisa membantu anda ^^

  11. Dimitrie says:

    Gan mau tanya …xiomi redmi 2 saya kok ga bisa dipake kamera depannya…ga ada tombol switch kameranya…jd pake kamera belakang terus…mohon pencerahanya

  12. first says:

    Gan admin, semua permissionnya udah ane centangin tapi masih aja ngga bisa. Ditambah lagi suka susah kalo ngirim voice message. Suka line not responding tiba-tiba. Apa perlu update MIUI yg terbaru ?? Xiaomi Redmi 2

  13. Tommy Poy says:

    Gan admin, mau tanya saya baru beli Xiaomi MI4, pada saat teman Vidio call (Line) ke hp ini, saya angkat langsung bunyi suara keras kayak suara kukuran kelapa, suara berasal dari speaker,,mohon dibantu saran nya gan, sy tggu..

  14. NGAWI DIAN says:

    mantap bang tutorialnya… berhasilllll

  15. ofadiella says:

    Ngak berhasil semua susah bngt Videocall pakai imo,line atau sejenis nya lha

  16. ari melenoy ska says:

    Akhirnya bisa smule video..thank you cuy..kusus xiaomi meuren lain emo../imeo..haha

  17. herman says:

    kenapa smule video gak bisa di xiaomi mi4,,mohon pencerahannya? makasih

  18. Triz-oncho says:

    Gan,,,mengatadi redmi 3 pro pada kamera,,,tiap di switch ke kmra depan langsung hang,,gk bsa dsentuh,tpi msh bsa foto pake vol up/down, ada solusi gan? Trima ksh sblumnya..

  19. bajilot says:

    Comment:thanks gan sukseeesss fuuul untuk not1

    1. Sama-sama senang membantu anda ^^

  20. Salma a says:

    Saya sudah ubah settingan d security untuk video call dan permission manager juga sdh aktif tp tetap tidak bisa video call d line, sudah d restart juga kenapa ya? Tolong d bantu untuk xiaomi redmi 3

  21. rifqi says:

    Aplikasi security dimana?

    1. Selamat siang Rifqi, Ada di menu aplikasi anda, biasanya satu grup dengan folder Tools, Terima kasih.

      1. Yosafat says:

        Untuk xiaomi mi4 gak ada ya securitynya? Terima kasih

        1. Ada, jika anda menggunakan bahasa indonesia, namanya Keamanan, terima kasih

  22. indri says:

    Tolong jelaskan dong gimana caranya
    Langkahnya itu ada dimana kok saya kurang mengerti maksud langkah-langkahnya
    Security nya itu

  23. daren says:

    Gan mau tanya solusi Vidio call di xiomi mi5 mksh gan

  24. Feri says:

    Saya masi blum mengerti, saya sudah coba cari tapi tdk ada trus premission ga ada jadi harus gmna.. maaf sebelumnya saya minta penjelasan lebih jelas trimakasihhh

  25. Gunawan says:

    Menu security nya dimana admin..
    Kox di hp xiaomi note 1 sya tidak ada
    Mohon penjelasannya

  26. djie says:

    Terima Kasih… akhirnya bisa video call

  27. kama' says:

    Gimana caranya membuat video call pada xiaomi not3 pro saya ya pak? saya masih bingung.padahal pengaturannya sudah benar semua.

  28. Hendry says:

    Moo nanyaa boss camera depan udah bisa buat vidio call tp gaa bisa terang alias klo pake camera depan klo camera belakang normal saja, dab klo buat selfi pun camera depan pun normal gaaan ane pake redmi3 pro

    1. Yuyun says:

      Punyaku jg. Apakah punya abda sekarang sudah normal mohon info.

  29. merry says:

    Haloo…
    Saya baru bli xiaomi mi4 lte, seri 2014216 , dr beli sampe skrg susah internetan cm bs Edge. Pilih jaringan cm ad 2 g,punya solusi gak ? Rasanya ktipu bgt ,

    1. oppoest says:

      untuk Mi 4 jaringan LTE belum support di indonesia gan saya juga pakai , tapi untuk internet lancar jaya kok, di 3G atau HSPDA

      1. dial *#*#4636#*#* lalu – device information – klik set preferred network type – pilih WCDMA only

      moga berhasil

  30. Puspita says:

    Saya gak bisa video call via Line, solusinya gmn mas?

  31. ajie says:

    Redmi 3 saya kok ga bisa telpon sambil internet ye …gmn cara nya
    Saya pake Telkomsel utk telpon dan data pake Indosat…makasih

  32. dipa says:

    Itu maksutnya petunjuk 1. Buka aplikasi security ?? Itu download dulu aplikasinya?

    1. Selamat malam Dipa, Itu aplikasi bawaan dari Xiaomi, coba cari aplikasi yang bernama Security (jika anda menggunakan bahasa inggris) atau Keamanan (jika anda menggunakan bahasa indonesia).

  33. Puspita says:

    Ok, saya sudah bisa video call

  34. mertin says:

    Makasih banget gan .. Infonya berguna banget .. saat smua org bilang hape gw rusak :v
    Thanks a lot

  35. addy roja says:

    Kenapa punya saya tetep tidak bisa

  36. oby says:

    Thanks bos..
    Video calo line sy udh bisa.. .

    1. Sama-sama senang bisa membantu anda ^^

  37. Bima says:

    Trimaksih gan yg uda kasih solusinya..
    Kini hp ku jd bisa sallfie lagi horeee

  38. fachrizal says:

    ko redmi pertama engga bisa itu gimana ya ?

    1. Selamat pagi Fachrizal bisa di perjelas masalahnya, terima kasih.

  39. Rahmad says:

    Saya pakai Xiaomi redim 3 prime dipakai video call (Line, bbm), camera 360 dll (applikasi pihak ke 3) camera depan gelap resolusinya seperti VGA. bagaimana solusinya ?

  40. Rahmad says:

    Saya pakai Xiaomi redmi 3 prime dipakai video call (Line, bbm), camera 360 dll (applikasi pihak ke 3) camera depan gelap resolusinya seperti VGA. bagaimana solusinya ?

    1. Yuyun says:

      Sama. Apa anda sudah dpt info

  41. asriyadi says:

    Kalo video call mah bisa asalkan pake aplikasi tapi yang saya bingung kan kenapa gak bisa langsung dari contacts untuk panggilan video

    1. Anita says:

      Benar. Saya juga gak gak bisa video call dari contact.
      Saya menggunakan xiaomi red mi note 4

  42. Agus Majaji says:

    Sudah pake cara di atas gan.. Tapi tetep smulenya gak bisa video… Cuman record biasa..
    Mohon solusinya…

  43. bona says:

    terimakasih min, sangat menbantu sekali, barusan saya googling eh ktmu blog agan , jd bisa vicall lg deh thx agan

    1. Sama-sama senang bisa membantu anda ^^

  44. fatmawati says:

    punya saya gak bisa pake nelpon min gak ada suaranya gmna solusinya dan cameranya gak bisa dibuat video

  45. Pragos says:

    Redmi note 3 2gb saya ga bisa video call pake meni telp gan, gmn solusinya?

  46. Pragos says:

    Min, kalo munculkan video call redmi note 3 seperti tampilan menu telepon di hp samsung gmn ya?

  47. Dedy says:

    Min whatsApp ane ( redmi 3s ) ga bisa buat nelpon selalu ada tulisan buka pengaturan microphone terus tp ane bingung pengaturannya dimana ? Mohon pencerahannya min soalnya ane baru beliin buat ade ane

  48. Roli bin Rozali says:

    Min, punya saya Xiaomi redmi 2 pro, utk printah yg admin bilang pada hp saya tdk ada keterangan “permission” di Security nya, mohon bantuan nya min

    Terima kasih

    1. Selamat siang Roli bin Rozali, kata-kata artikel di atas menggunakan pengaturan berbahasa Inggris, jadi jika di handphone Xiaomi anda menggunakan bahasa Indonesia tolong di sesuaikan ke kata bahasa indonesia, contoh permission menjadi perizinan, dan pastikan anda membuka aplikasi Security buka mengaksesnya melalui pengaturan lalu memilih pengaturan Security, terima kasih.

  49. syahdam says:

    Bagaimana cara mengatasi ziami redmi 3 pro agar bisa mengirim catatan suara di bbm

  50. Randi andesta says:

    Gan knpa xiomi note3 saya kali Vidio call gak bisa make kamera blkang tlong solsi nya.,

  51. Akhsan says:

    Ask min..hp xiaomi redmi 2 kalo buat nelpon pidio langsung caranya gimana ya..langsung dari kontak.bukan pakai aplikasi line/imo/sejenisnya.

  52. sobirin says:

    CAra melakukan video call lewat hp redmi 2 tanpa aplikasi lgsng lewat nomer phone gimana ya….
    Thanx

  53. Yng llngsng nlpon pkek video call bkan Yng lwat aplikasi ku cri2 gk ada d hp xiomi

  54. Jaka says:

    Mlm min.. Ane mo mnta solusi nih.. Puny ane mi4i gmna cara’y biar bisa wat video call lewat panggilan..

    Thks sblm’y..

  55. fandy says:

    Gan gua pkk xiaomi redmi3 pro.video call dri saya kok gelap.gi mn cara mengatasinya gan

  56. Afanda febrian says:

    Punya saya redmi 3 pro kok masih gak bisa buat videocall ya…padahal udah aku centangin seperti petunjuk nya sama udah lihat du youtube..tapi tetep aja masih gelap gan..tolong pencerahannya

    1. Selama siang Afanda Febrian, Permission Managernya sudah di aktif.in belum ? coba aplikasi lain yang bisa di gunakan untuk video call di acccept juga bagian kamera dan recording dan test apakah bisa, kemudian aplikasi mana yang tidak bisa nanti komentar lagi di sini, terima kasih.

  57. niesh says:

    Comment:sy pke redmi 3 pro,kamera depan kalo dpke selfie bagus n bikin video manual bagus jg tp kalo buat videocall gelap bgt pdhl lampu terang bkn di LINE aja tp di semua aplikasi yg ada videocallnya gelap bgt.sy udah ke TAM tp tetep ga bs ktnya dr aplikasi udah unsintal trs instal lg msih tetep jg…dan pihak TAM ga bs melakukan apa2…smpe hp diinapkan slma 5hr ga di apa2in hp sy…subhanallah bikin kesel yg ada…hp ini blm blm 10hr udah kyk gini.mohon bantuannya…mksih

    1. Selamat sore Niesh, cara di atas udah di terapkan, accept pada record dan kamera pada aplikasi, terima kasih.

      1. Yuyun says:

        Iya saya jg demikian padahl udah di aktifkan semua minta solusi kak.

  58. Irwan says:

    Kok mi 4c gak bisa vidio smile?permision untuk kamera dan recording y udah di accep,tapi ttp aja gak bisa,tolong info y

  59. Lia says:

    Admin tolong dibantu dong aku baru beli hp samsung j2 primer pengeluaran baru dan baru 2hari beli dan tdk bsa ditukar lagi ditokonya masalah hp ku kalo dipakek vidio call gelap tdk terlihat sedikitpun mengunakan kamera depan tp mengunakan kamera belakang masih kelihatan tp agak gelap.tolong infonya.

  60. Nurkhairi amini says:

    Terimakasih infonya 🙂 sangat bermanfaat

    1. Sama-sama ^^, terima kasih sudah berkunjung 🙂

  61. Aris says:

    Dear admin…
    Thx sekali infonya…smule saya sekarang bisa video lg…
    Semoga berkah.

  62. ekone vesakha says:

    dear admin
    hp q xiaomi mi4c kok gk bsa bt vidio di smule ya.

    tlong solusiny
    trims

  63. Bob herdiansah says:

    Maaf min sedikit menyimpang dari thread

    Mau nanya kalau bbm gabisa nerima kontak baru gmna ya , padahal saya udah accept kontak tapi si kontak yang invite saya malah ngilang , mohon solusinya min

    nuhun

  64. nita says:

    Maaf hp saya redmi note 3.. Ad yg video call lewat msanger…tapi kok katanya hp saya blm dpt video…mhon solusinya

  65. vaice tarry says:

    saat video call ato menggunakan camera depan pada setiap aplikasi hasilnya gelap ? sedgkan kamera belakang tetap terang. mohon solusinyaa

  66. Lisna says:

    Udh saya jalankan hal trsbut tp tetap aku tdk bs.

  67. yulianto says:

    Asalmualaikum….. Mas langkah di atas sudah saya coba tapi kok kalo misalnya karokean mengunakan app smule/sing.. Kok gak bisa ya mic dan kameranya gk fungsi,mohon pencerahan ya?

    Trimakasi..

    1. Walaikumsalam Wr,Wb pastikan yang di pilih adalah aplikasi Smule yah, banyak yang komentar ada yang bisa dan ada yang tidak, kemungkinan terjadi kesalahan saat mengikuti tutorial, atau anda coba uninstall aplikasi smule, kemudian install kembali, lalu ikuti tutorial di atas, semoga membantu, terima kasih

  68. nur sinah says:

    assalamualaikum,.numpang nanya nih,.koo xiomi MI4 ngga bisa video smule ya??
    padahal keamanan perizinannya sdh dicentang kameranya,.tapi masih ngga mau,.minta solusinya ya,.terimakasih

    1. Selamat malam Nur Sinah, banyak sekali komentar mengenai video smule tidak bisa di gunakan untuk video di handphone Xiaomi, namun besok akan kami cari informasi mengenai hal ini, apakah Permission Managernya sudah di aktifkan ? terima kasih.

      1. nur sinah says:

        sudah min,.permisssion managernya itu kalo bahasa indonesia keamanan~perizinan ya??sudah saya centang semua untuk perizinan kamera,.
        iya,.terimakasih

  69. zung says:

    Thanks mins atas solusinya

    1. Sama-sama, terima kasih sudah berkunjung ^^

  70. Nur Fadillah says:

    Gan saya mau tanya, penyebab dan cara perbaikinnya,
    Saya beli hp xiaomi note 4 awalnya nyetel lagu ok, tapi setelah saya buka akses yang lain gitu ngadet ngadet lagunya, sama juga ketika saya buka youtube ngadet ngadet juga, mohon dibantu ya…

  71. hiqmat says:

    Min… Cara supaya kamera depan redmi 3 pro ga gelap saat video call sama selfie di b612,gimana caranya?

  72. eko says:

    Comment: gan tetep gak bisa udah saya lakuin tutorial di atas tetep gelap di aplikasi mna aja buat video call 🙁 pencerahannya lagi gan ?

  73. oniex says:

    Terimakasih Min,bermanfaat sekali infonya,sudah lama saya bertanya2 tentang masalah ini,sampe ngutak ngatik system di apllikasi line dan sejenisnya ga ketemu2 dan akhirnya hari ini ketemu,semoga adminnya sukses selalu dan bertambah ilmunya,aamiin…thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *