Solusi Android Studio /dev/kvm is not found di Windows

 by Posted in Windows
Solusi Android Studio /dev/kvm is not found di Windows

Bacagadget.com – Solusi Android Studio /dev/kvm is not found di Windows

Artikel kali ini adalah Solusi Android Studio /dev/kvm is not found di Windows, bagi kalian para developer aplikasi Android yang mengalami masalah dengan HAXM atau yang berkaitan dengan VT-x, simak artikel ini selanjutnya untuk mengetahui cara mengatasinya ~ Bacagadget.com.

Kemarin saya sempat mengalami masalah pada Android Studio setelah install ulang Sistem Operasi Windows dan menginstall kembali Android Studio, yaitu ketika saya ingin menjalan Android Virtual Device (Android Emulator) melalui Android Studio, terdapat pesan error /dev/kvm is not found dan di sarankan untuk mengaktifkan VT-x di BIOS, padahal VT-x di BIOS sudah saya aktfikan namun tetap  mengalami masalah ini.

Bagi kalian yang belum mengerti apa itu VT-x, VT-x atau Virtualization adalah sebuah teknologi yang di miliki oleh prosesor yang berfungsi sebagai bantuan hardware prosesor untuk menjalankan sebuah platform atau sistem yang sifatnya virtual, sehingga dengan menggunakan teknologi VT-x proses Virtualisasi akan lebih cepat karena ada bantuan yang menangani untuk proses Virtualisasi mulai dari prioritas sampai manajemen memori, maka dari itu banyak sekali emulator Sistem Operasi yang menyarankan untuk menggunakan prosesor yang sudah mendukung teknologi VT-x. Kembali ke permasalahan awal, bagi kalian yang sudah menginstall driver HAXM dari Android Studio tapi tetap mengalami masalah ini, simak solusi dari saya di bawah ini.

Baca juga :

Solusi Android Studio /dev/kvm is not found di Windows

  1. Jika kalian sudah menginstall Driver HAXM (Hardware Accelerated Execution Manager) sebelumnya, silahkan uninstall terlebih dahulu.
  2. Jika sudah ter-uninstall, silahkan download driver HAXM terbaru langsung dari website official intel Download Intel Hardware Accelerated Execution Manager (HAXM).
  3. Jika download sudah selesai, silahkan install driver tersebut, dan restart Komputer anda, kemudian coba jalankan aplikasi android kembali.
  4. Selesai

Baca juga :

Nah tadi adalah informasi mengenai Solusi Android Studio /dev/kvm is not found di Windows, semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu para developer Android untuk mengatasi masalah /dev/kvm, jika ada pertanyaan, bisa di tanyakan di ask.klinik-hp.com atau komentar di bawah ini, terima kasih.

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *