Solusi Menampilkan Partisi Harddisk Hilang Dengan Mudah

 by Posted in Windows
Solusi Menampilkan Partisi Harddisk Hilang Dengan Mudah 5

Bacagadget.com – Solusi Menampilkan Partisi Harddisk Hilang Dengan Mudah 5

Artikel kali ini adalah solusi menampilkan partisi harddisk hilang dengan mudah, bagi anda yang setelah install ulang windows, entah itu Windows 10, Windows 8, Windows 7 atau Windows XP kemudian mengalami masalah ini, yaitu salah satu partisi hardisk anda hilang atau penyebab lainnya, simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui cara mengembalikannya dengan sangat mudah ~ Bacagadget.com.

Kebanyakan orang pasti sudah mengerti apa itu harddsik, Harddisk adalah perangkat keras atau Hardware yang berfungsi untuk media penyimpanan data, data tersebut tidak akan hilang meskipun komputer atau laptop di matikan, sedangkan Partisi adalah pembagian ruang kosong pada harddisk berdasarkan nama File System / nama yang kita tentukan sendiri, partisi ini berguna untuk memudahkan seseorang me-manajemen data pada harddisk. Semisal ada sebuah harddisk berukuran 500GB, kemudian si pengguna ingin memisahkan File System (Windows, Linux, dsb) dan data – data pribadi yang awalnya hanya pada satu partisi, ingin di tempatkan di tempat yang berbeda, guna mencegah pemformatan partisi ketika install ulang Sistem Operasi. Maka untuk mengatasi hal tersebut, di buatlah dua partisi, satu untuk Sistem Operasi dan satunya untuk Data pribadi, ukuran Harddisk 500GB tersebut akan di bagi menjadi dua ukurannya bisa di sesuaikan dengan pengguna, kita ambil contoh partisi pertama untuk Sistem Operasi pada Letter C: dengan nama Sistem Operasi berukuran 250GB, kemudian letter D: dengan nama Data berukuran 250GB, maka dengan melakukan hal tersebut akan memudahkan pengguna untuk me-manajemen datanya.

Kembali ke permasalahan awal yaitu partisi harddisk yang hilang padahal saat awal install ulang kita tidak melakukan delete atau format pada partisi tersebut, namun setelah install ulang selesai salah satu dari partisi harddisk kita hilang, bagi anda yang mengalami hal tersebut jangan khawatir, karena sebenarnya partisi anda masih ada dan data kalian belum hilang, hanya saja pastisi yang hilang tersebut belum mendapatkan Drive Letter pada Sistem Operasi baru kalian, bagi kalian yang mengalami masalah ini, silahkan simak caranya di bawah ini untuk mengatasinya.

Baca juga :

Solusi Menampilkan Partisi Harddisk Hilang Dengan Mudah

  1. Klik Tombol Start.
  2. Kemudian pada bagian kanan, klik kanan pada bagian Computer (ingat klik kanan bukan klik kiri !).
  3. Setelah itu pilih Manage.
    Lihat Gambar
  4. Kemudian kalian akan masuk ke Computer Management, setelah itu pada bagian Storage, lihat sub menunya, dan klik Disk Management.
    Lihat Gambar
  5. Tunggu semua partisi anda muncul, di situ nanti kalian akan melihat partisi kalian yang hilang.
  6. Klik kanan pada partisi harddisk kalian yang hilang (ingat klik kanan bukan klik kiri !).
  7. Kemudian pilih Change Drive Letter and Paths, kemudian akan muncul menu.
    Lihat Gambar
  8. Setelah itu pilih tombol Add.
    Lihat Gambar
  9. Kemudian centang Assign the following drive letter, setelah itu sebelah kanannya pilih Drive Letter yang kalian inginkan (A-Z), untuk menentukan Drive Letter (Drive Letter adalah huruf A-Z untuk mengurutkan urutan partisi, contoh umunya Drive Letter C: di gunakan untuk Sistem Operasi Windows) lihat Drive Letter partisi terakhir kalian, contoh : jika partisi harddisk saya terakhir adalah D maka untuk partisi yang hilang di set menjadi E , jika E sudah di pakai maka bisa gunakan F.
    Lihat Gambar
  10. Kemudian pilih OK, untuk menutup menu yang muncul, dan tunggu partisi kalian yang hilang akan segera di scan dan muncul.
  11. Selesai.

Baca Juga :

Nah tadi adalah informasi mengenai Solusi Menampilkan Partisi Harddisk Hilang Dengan Mudah, semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu kalian dalam menangani masalah yang kalian alami pada harddisk anda, kemungkinan jika anda menginstall ulang kembali Sistem Operasi, anda akan mengalami masalah ini, jadi tidak ada salahnya untuk menyimpan artikel ini untuk kemudian hari, jika ada pertanyaan atau masih bingung bisa di tanyakan di komentar atau di ask.klinik-hp.com, Terima Kasih.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *