Perbedaan ROM Abal-Abal dengan ROM Asli Xiaomi

Perbedaan ROM Abal-Abal dengan ROM Asli Xiaomi

23
Perbedaan ROM Abal-Abal dengan ROM Asli Xiaomi
Bacagadget.com – Perbedaan ROM Abal-Abal dengan ROM Asli Xiaomi

Artikel kali ini akan membahas perbedaan ROM abal-abal dengan ROM asli Xiaomi, bagi kalian yang mencari tahu tentang apa itu ROM abal-abal dan ROM asli simak artikel ini lebih lanjut ~ Bacagadget.com.

Semenjak pemerintah Indonesia menerapkan aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 70% untuk barang elektronik seperti handphone atau smartphone, banyak sekali handphone atau Smartphone yang masuk ke Indonesia secara ilegal atau biasa yang di sebut dengan produk BM (Black Market), karena produk tersebut tidak mengantongi izin secara resmi di indonesia, mengapa handphone tersebut masuk ke indonesia secara tidak resmi ? karena Handphone atau Smartphone tersebut tidak memenuhi aturan TKDN atau kurang memenuhi persyaratan aturan TKDN, sehingga sulit untuk masuk ke Indonesia dengan jalur resmi.

Dengan adanya hal ini di manfaatkan oleh para distributor untuk mendatangkan produk-produk dari luar negeri ke Indonesia secara tidak resmi, karena di Indonesia sendiri belum mengantongi ijin resmi beredar di Indonesia, namun ada beberapa distributor yang mendatangkan produk dari luar negeri secara resmi seperti EraJaya, Trikomsel, dll . Di tambah lagi dari Xiaomi yang terlambat mendaftarkan produk terbarunya ke Indonesia, jadi ketika Xiaomi mendaftarkan produknya di Indonesia dan belum sampai selesai mengurus semua persyaratan untuk beredar resmi di Indonesia, Xiaomi sudah meluncurkan produk terbarunya dan tidak mendaftarkan produk terbarunya itu sebelum di luncurkan, sehingga banyak sekali produk Xiaomi yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi dan menggunakan ROM abal-abal dari distributor.

Perbedaan ROM Abal-Abal dengan ROM Asli

1. Pada ROM Abal-Abal sebenarnya adalah ROM asli dari Xiaomi namun ROM tersebut sudah di modifikasi sedemikian mungkin untuk keperluan ekspor ke Negara lain oleh distributor sehingga bisa di sesuaikan dengan Negara yang di tuju.

2. Pada ROM Abal-Abal biasanya banyak di sisipi aplikasi sampah dan biasanya sudah terinstall aplikasi Google Play Store pada Xiaomi. Dengan adanya aplikasi-aplikasi sampah atau bloatware biasanya handphone kita akan menjadi berat atau lag, karena aplikasi-aplikasi tersebut biasanya berjalan di latar belakang proses (Background) tanpa sepengetahuan kita, dengan hal ini juga dapat membuat battery handphone kita cepat juga habis dan membuat kuota internet kita cepat berkurang karena biasanya aplikasi-aplikasi tersebut memerlukan koneksi internet

3. Pada versi ROM abal-abal terdapat 4 titik dan 5 angka nomor (Contoh MIUI 8.0 | stable 8.0.1.0.0 (LHOCNDG)), sedangkan versi ROM resmi hanya terdapat 3 titik dan 5 angka nomor (Contoh MIUI 8.1 | stable 8.1.1.0 (MHOMIDI)).

4. Saran kami jika anda menggunakan ROM yang tidak resmi atau Abal-abal sebaiknya anda ganti dengan cara Flash ke ROM yang asli dari Xiaomi, sehingga handphone anda akan berjalan dengan power full, di tambah lagi jika kalian menggunakan ROM abal-abal di takutnya terdapat malware yang dapat mengganggu privasi anda, seperti pencurian file-file penting anda seperti informasi Kartu Kredit anda, dll.

Nah tadi adalah informasi tentang perbedaan ROM abal-abal dengan ROM asli, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan anda pengetahuan tentang ROM yang tidak resmi dan bermanfaat bagi kalian para pembaca website ini, jika ada masalah seputar permasalahan handphone bisa di tanyakan di ask.klinik-hp.com atau komentar di bawah ini, Terima Kasih.

23 COMMENTS

  1. Maaf gan may Tanya.. Saya sdh ganti ROM abal2 dgn ROM asli redmi note 3 qualcom yg stable.. Tapi malah terjadi masalah terus pada sinyalnya.. Do pengaturan preferred 4g LTE juga hilang.. Apakah ada solusinya..?? Mohon pencerahanya ya.. Trims..

  2. Permisi om admin-
    Hp ane xiaomi note1w 3G ane beli hp second fulset
    Ane udh reboot beberapa kali wipe/reset
    Pake versi MIUI 7. Pas akhir hp ane lockscreen minta sandi Mi cloud pertama. Tulisan nya “Perangkat Hp hilang”. Yg punya tangn pertama juga ga tau pasword Mi cloud nya
    Gmana yooh solusi nya?? Mohon diberi artikel nya

  3. Min. Hp saya Xiaomi tipe redmi 3 pro. Kmrn wktu beli sempat ditanya mau beli yg distributor apa yg Nasional? Saya beli yg nasional wlaupun hrganya lbh mahal tp saya pikir kalau beli yg Nasional yg pnting gk bnyk msalah.
    Tp pas saya cari di Google cara cek Xiaomi palsu atau asli, saya dapati indikasi xiaomi saya spertinya rom nya abal abal sperti digit nya 5 angka dan awal pmbelian sudah trpasang aplikasi plystore dan sepaket aplikasi google. Jd apa bwnar xiaomi saya palsu min? Apa saya tertipu min?

  4. Min versi MIUI saya 8.0 | stabil
    8.0.1.0.0 (LHOCNDG) apakah rom hp saya abal abal…. Ditunggu jawabannya min

  5. Min hp saya xiaomi redmi note3 pro versi MIUI saya 8.0 | stabil
    8.0.1.0.0 (LHOCNDG) apakah rom hp saya abal abal…. Ditunggu jawabannya min

    • Selamat malam Amarda, ROM MIUI yang anda gunakan abal-abal atau tidak resmi dari Xiaomi, bisa di lihat dari versi MIUI yang anda gunakan 7.0.6.0.0 ada 4 titik dan 5 angka, sedangkan versi resmi hanya ada 3 titik dan 4 angka, terima kasih.

Leave a Reply